Selasa, September 01, 2009

Gax cuma "Copy Paste"

Sekarang ini kemajuan teknologi emang sudah sangat maju, misalnya saja dunia internet. Memang benar internet dunia kedua setelah dunia nyata dan di dunia internet emang dunia yang tanpa batas. Sekat-sekat antar negara pun seolah tak ada lagi. Orang bisa mengetahui keadaan suatu daerah / wilayah lain dalam hitungan detik melalui layar komputernya atau HP. Semuanya serba dimudahkan oleh teknologi.

Namun, tak selamanya teknologi membawa dampak yang positif bagi seseorang. Pasti ada yang selalu dirugikan dan merasa resah dikarenakan teknologi. Salah satu yang menjadi masalah serius adalah kegiatan asal “copy paste” aja. Emang, copy paste boleh-boleh aja. Asal syaratnya dipenuhi dulu. Yakni menyebutkan sumber tulisannya.

Misalnya saja di sekolah saya, ketika seorang guru memberikan tugas untuk mencari bahan pelajaran di internet atau tugas yang lainnya. Kadang siswa mau terima jadi aja. Langsung aja menuju ke mbah google, trus ketik yang mau dicari. Kunjungi situsnya, trus copy dan paste lagi di microsoft word ataupun notepad. Kemudian atur-atur dikit biar rapi, dan langsung dicetak. Mudah dan ringkas. Barangkali tak akan lebih dari 1 jam.

Emang kalau kita lihat, akan sangat ringkas dalam urusan waktu pengerjaannya. Tapi yang harus kita waspadai adalah dalam jangka panjangnya nanti. Biasanya bagi siswa yang sekedar copy paste doank, males banget untuk membaca artikel itu. Apalagi kalau panjang. Nah, rasanya tugas itu akan percuma. Karena tujuan utama dari berbagai tugas di sekolah atau kampus adalah untuk membuat siswa semakin paham dengan pelajaran tersebut. Nah, kalo sekedar copy paste doank ga akan paham donk. Ya kan ?

Jadi saran saya, sebaiknya ketika menyadur artikel atau yang lainnya dari internet jangan disadur mentah-mentah. Baca dulu artikelnya baik-baik. Kemudian tulis artikel itu lagi dengan bahasa kamu sendiri. Dan untuk artikel yang membutuhkan validitas data, sebaiknya menyertakan sumber dimana artikel itu diambil. Okey ?

Jadi mulai sekarang jangan asal copy paste ya…

4 komentar:

  1. HEEEEEEEEEEEEE....
    CIIPPPP.............
    SETUJU AKU......HEEEEEEEE

    BalasHapus
  2. Copas????
    owe wae jek copas, kandakke pak mamo lho.

    BalasHapus
  3. ebsoft.web.id/2009/02/09/berbagai-software-gratis-edit-audio-mp3-wma-wav-ogg/

    BalasHapus

 

My Blog List

wibiya

Hello

Copyright © 2009 Designed by gemblunx Supported by Blogger